Rabu, 31 Oktober 2012

Tugas Online TIK

TUGAS ONLINE TIK

Nama : Olga Okialgie
NIM : 1003432
ID FACEBOOK : olgaokialgie

SOAL !
1. Uraikan menurut Anda apa saja fungsi dari Program Pengolah Kata (Microsoft Word) !
2. Uraikan langkah-langkah dalam membuat surat berantai (Mail Marge) dalam Microsoft Word!
3. Uraikan langkah-langkah dalam membuat 'Daftar Isi" secara otomatis dalam Microsoft Word...!


JAWABAN!
A. MS.word berfungsi sebagai alat/media dalam membantu kita membuat dokumen berupa makalah atau     laporan.

B. LANGKAH LANGKAH MEMBUAT MAIL MERGE DI OPEN OFFICE

Untuk Membuat surat melalui mail merge pada open office dengan cara sebagai berikut :
1.      Ketik dahulu surat yang ingin kita buat.

2.      Klik menu tools lalu pilih mailn merge wizard
3.      Pilih Use the current document, Lalu klik next.
4.      Pilih letter, klik next.
5.      klik tombol select address list.
6.      Kemudian muncul jendela pilihan address list yang akan digunakan lalu mengklik tombol 'create'.
7.      Kemudian muncul tampilan new address list, lalu klik tombol customize.
8.      Muncul Customize address list.
9.      lalu address list elementsnya di delete, lalu klik add.
10.  Muncul jendela Add elements, lalu klik add.
11.  Lalu list Nama,  NPM, dan Alamat di add. Setelah selesai membuat element klik OK
12.  Kemudian masukkan pada jendela address information data-datanya, lalu klik Ok.
13.  Muncul jendela save as.
14.  Kemudian muncul jendela select address list, klik OK
.
15.  Kemudian muncul jendela mail merge wizard, klik match fields
16.  Muncul jendela Match Field, lalu klik Ok.
17.  Klik More
18.  Muncul jendela select addres block, klik edit
19.    Kemudian muncul jendela Edit address block, Klik “Remove from address” untuk menghapus address yang tidak kita gunakan klik Ok.
20.  Klik next.
21.  klik next.
22.  di Uncheklis dahulu lalu klik next.
23.  klik next.
24.  Lalu klik edit document.
25.  Edit hasilnya sesuai yg diinginkan
26.  Klik Next
27.  Klik next kembali
28.  Untuk save document
29.  Save sesuai dengan nama yg anda inginkan
30.  Klik finish
31.  Hasilnya sebagai berikut








C. LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT DAFTAR ISI SECARA OTOMATIS
Ketikkan lah sebuah artikel di Microsoft Word 2007 Anda. 
 Blok lah Judul atau Sub bab yang akan Anda buat menjadi daftar isi. Lalu tentukan heading untuk masing-masing judul dan sub bab. Urutannya menunjukkan hierarki dalam semua Daftar (Contoh: judul 1, judul2, judul3, dan seterusnya.).
Kemudian apabila sudah selesai melakukan blok, arahkan kursor ke suatu halaman baru di dokumen. Lalu pilihlah Tab Refrences. 
Klik menu Table of contents, lalu akan keluar beberapa pilihan tabel. Pilih salah satu yang Anda anggap cocok untuk pekerjaan Anda. Pada contoh kali ini penulis menggunakan pilihan Automatic Table 1.
Maka secara otomatis daftar isi akan muncul di dalam dokumen yang tadinya sudah anda buat.  
Hampir sama untuk membuat daftar gambar, Caranya pilih gambar yang ingin di masukkan, klik kanan > Text Wrapping > In Line Text. 

    Kemudian klik kanan lagi > Insert Caption. 

    Pada pilihan Caption klik New Label lalu ketikkan gambar > OK. 

    Kembali ke mu Caption, Pilih label Gambar kemudian klik OK. 
Secara Otomatis akan muncul Identitas gambar beserta nama label yang tadi sudah Anda buat (label gambar). 
Lakukan hal yang sama untuk gambar berikutnya hingga semua gambar telah di beri Caption.
Lalu klik Tab Refrences > Insert Table of Figures.
Jika keluar jendela pengaturannya, klik saja OK. Maka secara otomatis daftar gambar akan keluar selayaknya daftar isi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar